Fakta Internet Yang Jarang Di Ketahui

Fakta Internet Yang Jarang Diketahui Banyak Orang
Hasil gambar untuk internet

Asslamualaikum Guys

       Pasti dari kalian pernah menggunakan internet baik untuk tugasgame dll. Tapi kalian tau nggak kalo Penemu dari Internet dan sebagainya kali ini kita akan membahas tentang Fakta Internte Yang Jarang diketahi banyak orang menurut informasi Kekinian:

1. Penemu World Wide Web

           Kalian Tau World Wide Wibe(www) ,tapi kalian tau tidak kalau WWW ditemukan dan diciptakan oleh  Berners-Lee Team di tahun 1990. Ia juga dianggap oleh sebagian besar orang sebagai orang yang pertama kali memulainya.
           
2.
Awal Bermula Internet

         Banyak orang percaya bahwa semuanya bermula di awal tahun 60an ketika universitas-universitas seperti Dartmouth, Berkeley dan universitas lainnya di US menggunakan komputer IBM-nya secara bergantian.Namun awal mula teknologi internet dimulai pada tahun 1969, saat Departemen Pertahanan (DOD) Amerika Serikat mendanai sebuah proyek penelitian jaringan komputer yang dilakukan oleh Advanced Research Projects Agency (ARPA). Penelitian ini bertujuan untuk membangun jaringan komputer berskala nasional(Amerika) yang memungkinkan agen-agen pemerintah dan militer saling berkomunikasi dan berbagi informasi walaupun masing-masing agen menggunakantipe jaringan yang berbeda.
          Selama tahun 1960-an dan 1970-an, teknologi jaringan komputer semakin berkembang pesat dan maju. Hal ini ditandai dengan adanya LAN (Local Area Network) yaitu jaringan komputer pada area lokal serta jaringan komputer yang lebih besar disebut WAN (Wide Area Network).


3. 
Bapak Internet

              Licklider seringkali disebut sebagai bapak dari internet karena idenya tentang komputer interaktif dan “Jaringan Galaksi” yang merupakan benih awal internet. Idenya kemudian dikembangkan melalui DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) di tahun 196. Vinton Gray Cerf juga merupakan salah satu pencipta internet. Ia memainkan peran penting dalam penciptaan internet yaitu sebagai orang yang mengembangkan protokol TCP/IP yang kita gunakan untuk internet.

4.   
ARPANET

           ARPANET merupakan singkatan dari Advanced Research Projects Agency Network yang didirikan semasa peluncuran Sputnik dan perang dingin. Militer membutuhkan sebuah metode yang dapat mengkomunikasikan dan membagi semua informasi pada komputer untuk kepentingan penelitian dan pengembangan. Hal ini juga akan menjadi sebuah sistem komunikasi yang berguna jika semua cara tradisional dihancurkan oleh sebuah serangan nuklir.
5.  Sambungan Jarak Jauh Pertama
       
        Pada tahun 1965 Peneliti MIT, Lawrenece G.Robers bekerjasama dengan Thomas Merril menggunkan telepon dial up berkecapatan rendah untuk menghubungkan Komputer TX-2 Di Massachusetts dengan komputer Q-32 di California Dan hal itu merupakan sambungan jarak jauh pertama antar komputer dengan jarak yang jauh.


6. 
Mouse pertama

          Kalian tau mouse itu loh teman si keyboard yang memudahkan kita dalam mengerkjakan apapun di komputer . Kalian tau ngak Guys kalo mouse komputer pertama diperkenalkan pada tahun 1968 oleh Douglas Engelbart di Fall Joint Computer Expo di SanFransisco.

7.
Al Gore Si penemu Internet

      Banyak yang bilang kalau algore adalah penemu dari internet,Namun pada kenyataan bukan Ia bahkan bukan anggota kongres ketika ARPANET dibentuk pada tahun 1969 atau ketika istilah ‘internet’ muncul di tahun 1974.namun gore hanyalah orang mempromosikan internetdan yang menggadangkan Teknologi Internte ini.Namun Gore sendiri yang menyebabkan mitos ini, dalam sebuah wawancara CNN pada tanggal 9 Maret 1999 ia berkata “Selama masa pelayanan saya di kongres US, saya mengambil inisiatif dalam menciptakan internet.” Hal inilah yang membuat banyak orang salah paham.


8.
Pencipta“information superhighway”
     
       Kalian Tau information Superhighway yang menciptakan istilah tersebut adalah Nam June Paik pada tahun 1974 dan Al Gore mempopulerkannya pada awal tahun 1990an.

9. Puncak kehebohan internet
    
        Pada Tahun 90an,Internet meledak dengan diluncurkannya Mosaic, web browser populer yang pertama pada tahun 1993.

10.
Pertumbuhan internet
        Pertumbuhan Internet sangat cepat dibandingkan Radio membutuhkan 38 tahun untuk mencapai 50 juta pengguna, TV membutuhkan waktu 13 tahun dan internet hanya membutuhkan waktu 5 tahun saja Guys.

11.
Jumlah pengguna internet

        Secara kasar 35%nya Inggris, 65% non-Inggris dengan Cina pada 14%. Secara total, sampai Desember 2004, hanya 13% dari seluruh populasi dunia, yaitu 812 juta orang yang merupakan pengguna internet. Amerika Utara memiliki konsentrasi benua tertinggi dengan 70% orangnya menggunakan internet.

12.
Negara  Pengguna Intenet Terbanyak
            Banyak yang mengira Cina merupakan pengguna Internet Terbanyak .Pada nyatanya Swedia merupakan negara pengguna internet  dengan tingkat  75% dari seluruh penduduknya.


13.  
Nama dari index pertama internet

        Archie adalah nama dari indeks pertama yang dibuat pada tahun 1989 oleh Peter Deutsch di Montreal. Archie adalah kependekan dari Archiver dan tidak ada hubungannya dengan komik yang berjudul sama. Backrub adalah nama asli Google. Larry Page dan Sergey Brin menggunakan nama ini untuk search engine mereka di tahun 1996 dan Google melakukan debutnya di tahun 1998. Google adalah plesetan dari Googol yaitu istilah untuk angka 1 yang diikuti dengan seratus angka 0.

14. Teoti Pertukaran Paket
           Teori ini pertama kali di utarakan oleh Leonard Kleinrock.Konsep Teori ini yaitu bentuk dasar dari koneksi internet. Bersama sekelompok siswa UCLA, pada 29 Oktober 1969,Kleinrock terhubung dengan Stanford Research Institute, tetapi ketika mereka mengetikkan kata LOGIN, sistemnya mengalami crash pada huruf G. Jadi LO merupakan kata pertama yang dikemukakan.


15.  Ethernet

        Kalian pasti tau apa itu internet tapi kalian tau tidak apa itu ethernet .Etherneth ialah Sebuah protokol atau sistem untuk serangkaian teknologi jaringan komputer untuk jaringan area lokal (Local Area Network atau LAN), yang asalnya datang dari desertasi Bob Metcalfe untuk Harvard yang berjudul Packet Networks.







Share on Google Plus

About Para Jurnalis

1 comments: