Bahaya Ubur- Ubur dan Cara Mengobatinya

Dampak Sengatan Ubur-Ubur Dan Cara Mengatasinya 

  cara mengobati sengatan ubur-ubur

         Assalamualikum Guys

        Apa kabar sejawat sekalian semoga  selalu sehat dan dimudahkan dalam kegiatan sehari-hari.Jangan lupa bersyukur ya Guys.Pada Artikel sebulumnya kita kan membahas tentang 7 Penyakit Yang Bisa Dideteksi Dari Mata. Kalai ini kita kanmembahas tentang Dampak Sengatan Ubur-Ubur dan Cara Mengatasinya.



               Kalo kalian sering kalian menonton kartun Spongebob mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan hewan satu ini, itu lho Guys hewan yang katanya memiliki suatu cairan seperti selai yang enak dimakan dal serial Spongebob.iwa seperti kasus Sengatan hewan primitive ini.Mengapa hewan ini tergolong primitive hal ini dapat dibuktikan dengan kondisi tubuh ubur-ubur sendiri yang tidak memiliki sistem syaraf sistem darah dan juga otak. Ubur – ubur memiliki bentuk yang bulat simetris, dan kebanyak hidup pada daerah lautan lepas. Namun demikian, ada juga beberapa ubur – ubur yang hidup di air tawar, seperti di daerah danau dan juga sungai air tawar, dan juga beberapa dari mereka hidup pada air payau. Tetapi hewan yang kenyal ini memiliki perlindungan berupa sengatan yang berada pada tentaclenya yang mana bisa mengakibatkan kematian kalau terlembat di beri pertolongan. Makanya saya akan memeberi ulasan tentang hal2 tersebut berikut ulanssa guys.

1. Struktur Ubur-Ubur
             Hewan yang bernama Latin Rhizotomea yang termasuk dlaam kelas Scyphozoa memliki tubuh yang cenderung transparan, hal ini disebabkan oleh struktur tuuh dari ubur – ubur itu sendiri. Ya, struktur tubu dari ubur – ubur, secara keseluruhan terdiri dari air. 95% dari struktur tubuh ubur – ubur adalah air. Hal inilah yang menyebabkan ubur – ubur terlihat transparan dan juga tembus pandang. Selain itu, ubur – ubur juga tidak memiliki cangkang, sehingga ubur – ubur mudah mengalami kerusakan lho,Guys.
              Ubur – ubur merupakan salah satu jenis hewan yang memiliki banyak tentakel. Tentakel – tenyakel ini lah yang kemudian dapat membantu ubur – ubur untuk bergerak di dalam air, dengan sistem pergerakan yang mirip dengan mesin jet, yaitu dengan cara menyedot air, lalu kemudian menyemprotkan air tersebut ke belakang, sehingga kemudian dapat bergerak.

2. Bahaya Sengatannya
              Kalian tau ngak Guys meskipun ubur2 nerupakan hewan yang mudah mengalami kerusakan namun hewan ini merupakan salah satu dari 10 hewan laut yang berbahaya lho Guys,hal itu disebabkan oleh sengatan yang berada di tentaclenya salah satu jenis ubur-ubur yang paling berbahaya adalah boxjellyfish yang mana akan langsung mengakibatkan kematian jika masuk dan mengalir melalui darah kalian Guys.Namun Secara umum, sengatan ubur – ubur dapat menimbulkan beberapa gejala seperti di bawah ini ketika seseorang tersengat :
  1. Infeksi pada bagian luar kulit, dan beberapa organ tubuh yang sudah terkena venom ubur – ubur, biasanya ada jenis antibiotik khusus untuk mengobatinya.
  2. Sesak nafas dan kekurangan oksigen. 
  3. Rasa perih dan juga sakit yang luar biasa pada bagian kulit selama berhari – hari
  4. Rasa sakit pada bagian tubuh dan organ tubuh lain, dimana venom sudah menyebar ke dalam anggota atau organ tubuh lainnya.
3. Cara Mencegah dan Mengobatinya

     A. Cara Mencegahnya
          1. Patikan anda memekai baju renang dan baju selam yang lengkap supaya jika kalian berada                  di sekitar area ubur2  maka baju tadi akan melindungi kalian.
          2. Jauhi kawasan atau teritori yang ada ubur-ubur,hal ini lebih dianjurkan karena jika kalian                     tidak menggunakan alat kesalamatan yang lengkap kemungkinan besar kalian akan terkena sengatannya Guys.

 B. Cara Mengobatinya
   1.  Minta Bantuan kepada orang Sekitar
Image result for help

Awalnya Rasa sakitUbur2 memang tidak terlalu kuat namun harus segera di tangani mintalah bantuan orang sekitar anda agar racunnya tidak menyebar,tapi dalam beberpa kasus 

2. Jangan panik, berjalanlah pelan-pelan ke pantai

Image result for jangan panik
Jika anda tersengat ubur-ubur,panik adalah salah satu tindakan keliru yang menyebabkan adna terlamabat tertolong karena racun hewan ini sangat mudah tersebar. 

3. Jangan langsung menggosok-gosok sengatan, karena akan memperburuk keadaan

Image result for jangan menggaruk tangan
Jangan pernah kalaian menggosok sengatan ubur-ubur karena hal ini dapat menyebabkan luka yang semakin membesar atau penyebarannya semakin meluas Guys

4. Netralkan luka sengatan dengan air garam, hindari air cuka, air tawar, maupun air kencing, dan alkohol

Image result for air gram
Cara membersihkan luka sengatan ubur adalah dengan menyiramkan dengan air garam jangan pernah sekali-kali menyiramnya dengan air cuka karenamenurut Prof. Jamie Seymour dari Australian Institute of Tropical Health and Medicine, cuka dapat meningkatkan kadar racun hingga 50%.

5. Olesi luka sengatan dengan krim pencukur, krim ini akan menghalangi penyebaran racun

Image result for krim pencukur
Menurut British National Health Services, busa atau krim pencukur bisa membantu membendung penyebaran racun dari Ubur-ubur. Belum jelas alasannya, namun hal ini dipercaya ini banyak orang memang cukup manjur.

6. Keluarkan tentakel dengan peralatan yang ada di sekitarmu

cara mengatasi sengatan ubur-ubur

Cabutlah tentakel dengan benda seadanya seperti Kartu ATM dan sebagainya.

7. Konsumsi obat penghilang rasa sakit

Setelah kalian membersihkan dan mengeluarkan sisa tentacle dari tubuh kalian supaya rasa sakitnya berkurang kalian minum obata penghilang sakit seperti aprecetamol dan antibiotik agar racunnya benr2 mati.
Nah itulah  menurut Bahaya Ubur- Ubur dan Cara Mengobatinya Para Jurnalis. Menurut kalian Bahaya Ubur- Ubur dan Cara MengobatinyaGuys komen  di kolom bawah ya guys, Oh ya jika kalian suka konten kayak gini like, follow dan share ya Guys. Sekian dari Saya Salam Jurnalistik

Wassalam



Share on Google Plus

About Para Jurnalis

0 comments:

Post a Comment